Minggu, 19 Januari 2020

6 Tips Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak




Listrik sangat berpengaruh pada kehidupan manusia, termasuk ke seluruh kegiatan rumah tangga. Perabotan di rumah Anda, terutama elektronik, membutuhkan daya listrik agar bisa beroperasi. Bahkan orang-orang akan kelabakan jika listrik di rumah mati atau terputus karena berbagai aktivitas dapat terhambat. Namun, listrik yang sangat berguna ini tidaklah gratis. Anda wajib membayar tagihan listrik pada akhir bulan.

Tips Menghemat Listrik


Meskipun segala aktivitas kebanyakan menggunakan daya listrik, Anda tentu tidak ingin jika akhir bulan harus membayar tagihan listrik yang membengkak. Tagihan tersebut dibayar sesuai dengan daya listrik yang telah Anda gunakan setiap bulannya. Oleh karena itu, semakin hemat Anda dalam menggunakan daya, biaya yang dikeluarkan untuk tagihan pun akan ringan. Jangan khawatir, berikut ini adalah tips yang bisa Anda terapkan untuk menghemat penggunaan daya listrik.

Desain Rumah Pendukung Hemat Energi

 

Ketika akan membangun rumah, Anda bisa menerapkan salah tips menghemat biaya listrik yang satu ini. Caranya cukup gampang, Anda tinggal mendesain rumah agar memiliki banyak jendela atau ventilasi. Mengapa? Karena cara ini membuat Anda sekeluarga tidak perlu pendingin ruangan ataupun lampu lagi. Rumah yang Anda huni akan terasa lebih sejuk dan tentu saja menjadi lebih terang.

Prioritas Penggunaan Daya Listrik

 

Anda sebaiknya menentukan daya listrik yang dibutuhkan di awal. Anda tentu tidak mau daya listrik yang digunakan terlalu tinggi dan tidak sesuai kebutuhan. Hal tersebut akan membuat biaya  listrik membengkak. Tidak ada salahnya jika Anda melakukan survei untuk mengetahui tarif listrik mulai dari tegangan rendah, menengah, tinggi, dan khusus. Semuanya memiliki tarif masing-masing.

Tidak Boros

 

Jika tidak memiliki kebiasaan boros atau membuang-buang daya, biaya listrik Anda tidak akan besar. saat keluar rumah, Anda sebaiknya mematikan segala peralatan elektronik. Pastikan lampu, DVD Player, televisi, mesin cuci, pendingin ruangan, dan lainnya dalam keadaan mati. Selain itu, usahakan untuk mencabut kabelnya dari stop kontak.

Memilih Peralatan Listrik

 

Untuk berhemat, Anda dapat memilih peralatan elektronik yang berdaya kecil. Selain itu, perlu bagi Anda untuk menyesuaikan perabot yang ada di rumah agar sesuai dengan daya listrik rumah. Jika masih ingin berhemat lagi, Anda dapat mengakali dengan menggunakan alat listrik seperlunya. Misalnya, dengan mencuci menggunakan tangan, Anda tidak perlu menyalakan mesin cuci.

Alat Penghemat Listrik

 

Memasang alat penghemat listrik di rumah akan membantu Anda dalam mengurangi biaya pembayaran. Namun Anda perlu teliti ketika membelinya dan tidak mudah tergiur dengan harga lebih miring.

Menggunakan Listrik Sistem Prabayar

 

Penggunaan listrik dengan sistem prabayar atau pulsa dapat membantu Anda ketika ingin menghemat biaya tagihan. Mengapa? Listrik bayar dapat membantu mewujudkan rencana penggunaan daya yang telah Anda susun di awal bulan.

Dengan ini, mau tidak mau Anda akan lebih bijak dalam penggunaan daya dan mengontrolnya agar tidak berlebihan. Karena jika pulsa prabayar di rumah Anda habis, listrik akan padam atau terputus. Kemudian mengisinya kembali jika jika menghidupkan listrik.

Itulah enam tips yang bisa Anda terapkan dalam menghemat biaya tagihan listrik di rumah. Biaya listrik dari tahun ke tahun terus meningkat dan semakin mahal, maka Anda perlu berhemat jika tidak mau membayar mahal. Beberapa tips di atas juga perlu Anda tanamkan kepada keluarga, sehingga dapat bersama-sama bertanggung jawab terhadap penggunaan daya. Kesadaran untuk tidak boros atau membuang-buang percuma daya listrik dapat menekan biaya tagihannya.


EmoticonEmoticon